FEP BINUS 2020 SERU BANGET

Fresh Enrichment Program atau yang biasa disebut dengan FEP adalah program yang diberikan binus kepada kita semua mahasiswa baru untuk mengetahui dan mengenal lingkungan kampus,peraturan , dll

fep ada 3 tahap yaitu:

  1. GO( General Orientation )
  2. AO ( Academic Orientation )
  3. CLO ( Campus Life Orientation )
  4. HTTP

Hari pertama GO

Saya memasuki kelas EBN-11 di kampus Syahdan. Pertama saya masuk kelas saya merasa canggung karena tidak satu pun yang saya kenal dan orang-orang tsb rata-rata berasal dari luar daerah Jakarta. Di hari pertama GO hanyalah pengenalan diri masing-masing termasuk kakak senior yaitu BC(buddy coordinator) dan biasa di sebut Buddy. BC tsb seperti pembimbing kita untuk bisa survive di universitas tersebut dan memahami cara kerja universitas tsb.

Awalnya berkenalan para buddy menanyakan nama, asal sekolah, alasan masuk Binus. Setelah perkenalan para buddy mulai membagikan jadwal GO dalam 1 minggu tsb, flazz card dan juga dress code yang kita pakai(kemeja putih, sepatu dan celana hitam panjang). Setelah memberikan para BC memperlihatkan tontonan sebuah video yang berupa lagu Binusan dan yel-yel. Para BC menyuruh kita untuk menghafalkan lagu termasuk gerakannya.

Hari ke-2,3,4,5 GO

inti dari hari-hari yang di jalanin GO yaitu cara beradaptasi/sukses kuliah dan aturan tata tertib kampus. Para BC juga mengajarkan kita menggunakan BIMAY(binus maya). BC juga memberikan tips-tips untuk menghadapi Dosen,teman, dan juga pergaulan. ada juga acara bunga rampai yaitu berisi tentang UKM yang ada di Binus.

Hari ke 6 GO

hari terakhir yaitu EXPO. Disana kita disarankan membawa uang untuk biaya daftar UKM. UKM yang saya ikuti ada 2 yaitu AM dan BGDC.

AM berupa kita bekerja di Binus dengan cara diberikan project dan juga kita akan diberikan gaji. BGDC merupakan UKM game development yaitu belajar cara membuat game. Saya masuk ukm tersebut karena saya mau mencoba membuat aplikasi Game yang mungkin akan menarik orang-orang melalui ide yang saya buat melalui aplikasi tsb.

AO( Academic Orientation )

Di AO saya mendapatkan simulasi belajar mengajar di Binus termasuk ujian. Di AO juga saya mendapat teman-teman kelas yang akan sekelas juga pada saat kuliah berlangsung.

HTTP(HIMTI Togetherness and Top Performance)

Yang terpenting selama FEP, adalah event yang diadakan oleh HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) yaitu HTTP. Yaitu event yang diadakan HIMTI setiap 1 tahun sekali, yang inti dari acara itu adalah menyambut para mahasiswa baru IT sebagai salah satu anggota (ingat, sebagai anggota dan bukan sebagai aktifis) HIMTI. Acara HTTP ini cukup seru, malah bisa dibilang seru banget, salah satu acara yang diadakan HIMTI yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa/i IT. Isi dari acara HTTP yaitu ada performance dari para anggota HIMTI. Dan yang paling penting adalah pada saat sesi talkshow, di sesi talkshow ini, kita mendengarkan 2 orang narasumber yang sukses sebagai technopreneur. Di sesi ini kita bisa dapet ilmu bagaimana cara menjadi technopreneur, mengambil kesempatan dalam kesempitan yang ada, dan diajarkan bagaimana cara bisa sukses dari kedua narasumber. Sesi terakhir diakhiri dengan senang-senang ala HIMTI berupa DJ, band, dancer, dll.

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.